VB.NET adalah salah satu bahasa pemograman yang popular saat ini . Kenapa disebut .NET? Apakah ada hubungannya dengan internet? Kenapa ada hurup .Net nya? Ternyata setelah diselisik tidak ada hubungannya lho dengan internet, mungkin dalam pikiran pembaca semuanya ada pikiran ini berarti ada hubungannya dengan internet(hehe… setidaknya itu yang saya pikirkan begitu pertama kali dihadapkan dengan VB.NET). VB.NET tentu berbeda dengan VB.6. Pendahulunya itu tidak begitu powerfull dibandingkan dengan VB.NET karena secara struktur sudah berbeda, berikut beberapa perbedaan VB.NET dan VB6 setidaknya ini berdasatkan tulisan yang saya temukan tidak sengaja di computer teman dan saya membenarkannya, :
  1. VB.NET menggunakan framework
  2. VB.NET menggunakan dataset kalau VB6 recordset
  3. VB.NET menggunakan XML(bisa dijadikan pengganti database) VB6 tidak bisa.
  4. VB.NET komponennya (textbox dll) mengalami penambahan-penambahan,  VB6 cuma itu-itu saja kecuali menggunakan OCX atau instal komponen tambahan
  5. VB.NET bahasanya dipermudah(kalau ada salah syntak akan ada pemberitahuannya secara langsung kalau ada error) VB6 tunggu di F5(debug) baru tau kalau ada yang error
  6. VB.NET bisa membuat file .dll  / .ocx (Class Library) tanpa harus d registrasikan d system32 klo VB6 harus d registrasikan dulu.
  7. Perbedaan mendasar pada VB.NET dibandingkan VB 6 adalah .NET framework itu sendiri dan konsep OOP.
  8. Teknologi .NET framework dengan arsitekturnya sangat berbeda dengan teknologi sebelumnya seperti pada VB 6. .NET framework memiliki compiler untuk masing-masing bahasa; Untuk VB.NET ada VB compiler, C# ada C# compiler, dan compiler bahasa lainnya yang merubah source code menjadi Intermediate Languge (IL)
  9. VB.NET source code --(VB compiler)--> IL --(CLR-JIT compiler)--> native code : CLR adalah sebuah Runtime yang berfungsi sebagai virtual machine dan CLR melalui Just In Time (JIT) compiler nya, akan melakukan kompilasi terhadap IL menjadi native code OS. Sementara pada VB 6 seperti ini: VB 6 source code --(compiler)--> native code
  10. Dilihat dari segi OOP : Mindset seorang developer VB 6 dengan procedural programming nya berbeda dengan developer VB.NET yang OOP minded. Oleh karena itu,. Walaupun bahasa yang digunakan pada VB dan VB.NET relatif sama, tapi konsep procedural programming dan OOP  di dalamnya sangat berbeda.
Lantas Apa itu .Net Framework ?
.NET Framework adalah teknologi inti yang menyediakan berbagai library untuk digunakan oleh aplikasi di atasnya. Komponen inti .NET Framework adalah Common Language Runtime (CLR) yang menyediakan run time environment untuk aplikasi yang dibangun menggunakan Visual Studio .NET, terlepas dari jenis bahasa pemrogramannya.
Dengan adanya CLR tersebut, programmer dapat menikmati consistent object model dalam mengakses berbagai komponen library. Dengan demikian penggunaan bahasa pemrograman dalam dunia .NET adalah lebih ke masalah selera atau taste, dan bukan pada kelebihan maupun kekurangan masing-masing bahasa. Mengapa ? Karena semua bahasa pemrograman yang mensupport .NET mengakses library yang sama di dalam .NET Framework, dengan object model yang konsisten, dengan run time file yang sama. Bahasa adalah sekedar skin atau theme, bukan senjata sakti. Bagi seorang .Net Developer, pemahaman terhadap konsep dan object model .NET Framework adalah jauh lebih penting daripada bahasa pemrograman itu sendiri.
Untuk informasi lebih lengkap tentang .Net Framework dapat dilihat disini :
Struktur Program
Struktur program VB.NET. Kawan-kawan jangan bingung santai saja,mungkin diatas banyak yang tidak mengerti tapi tenang artikel saya yang pertama ini hanya memberikan gambaran kasar kepada kawan-kawan semuanya tentang apa itu VB.NET. Nah sekarang strukur program VB.NET yaitu terdiri dari 3 :
  1. Statement Option : digunakan untuk menangani masalah kode di aplikasi
    • Option Explicit : Option Explicit on/off digunakan untuk menangani apakah variabel harus dideklarasi (on) atau tidak (Off).  Sebagai contoh ketik contoh program di latihan 1 a dan 1 b. Defaultnya adalah Option Explicit On.
    • Option Strict : Option strict digunakan untuk memperperbolehkan konversi data dari suatu variabel ke variabel lain. Option Strict On membolehkan konversi variabel sedangkan Option Strict Off tidak diperbolehkan defaultnya adalah option strict off.
  2. Statement Imports : Imports berguna untuk mendefinisikan class sehingga memudahkan pengetikan class tanpa harus  namespace  berulangkali.
  3. Class : Class merupakan tempat mendefinisikan algoritma yang anda buat.
Contoh Program
   1: Option Explicit On       'Statement Option
   2: Imports system.console   'Statement Imports
   3:  
   4: 'Class atau module atau sub main
   5: ' Tempat mendefinisikan algoritma
   6: Module Hello
   7:     Sub Main()
   8:         Dim a As Integer
   9:         writeline("Hello World !")
  10:         writeline("Selamat datang di Dunia Visual Basic.net")
  11:         writeline("========================================")
  12:         writeline()
  13:         write("Masukkan angka bulat :")
  14:         a = readline()
  15:         msgbox(a & " adalah data yang anda Isi", msgboxstyle.okcancel, "Informasi")
  16:  
  17:     End Sub
  18: End Module
Daftar Pustaka
  • Hendra ST, e-book Vbnet.PDF
  • Modul FIK
  • Microsoft Studio 2005 Documentation
  • VB.NET Trik and Tips
sumber : http://ariartama.blogspot.com